Bagaimana Internet Mengubah Dunia Pendidikan


Sejak ditemukannya jaringan internet pada tahun 1969, kini internet telah mengubah dunia yang dahulu bersifat lokal atau regional menjadi global. Proses penyampaian informasi menjadi semakin cepat. Jarak, keadaan geografis dan waktu yang dahulu menjadi faktor penghambat proses penyampaian informasi, kini tidak lagi menjadi masalah yang berarti. Sumber-sumber informasi dunia dapat diakses oleh siapapun dan dimanapun melalui internet.

Teknologi internet saat ini telah menjadi besar sebagai alat informasi dan komunikasi yang tidak dapat lagi diabaikan. Internet memiliki tingkat kecepatan dan interaksi yang dapat dinikmati penggunanya untuk menyiarkan pesannya tanpa harus terlebih dahulu memikirkan jarak geografis yang jauh.
Dalam dunia pendidikan, teknologi internet hadir sebagai media yang sangat multifungsi. Berbagai peranan internet antara lain sebagai akses kesumber informasi, alat bantu pembelajaran, fasilitas pembelajaran dan sebagai infrastruktur system informasi dalam institusi lembaga pendidikan. Berbagai peranan ini dinilai sangat penting karena dapat meningkatkan arus informasi dengan sangat cepat dan menjadi poin utama bagi perkembangan pendidikan di Indonesia di era global saat ini.

Pada Mei 2011, Boyd Myers menuliskan sebuah artikel menarik di The Next Web mengenai bagaimana internet merevolusi dunia pendidikan. Dimulai dari MIT yang mengumumkan inisiatif OpenCourseWare  pada April 2001 untuk membuat material pembelajaran dari semua perkuliahan mereka tersedia secara gratis melalui internet.
Beberapa tahun belakangan ini pun, universitas-universitas di Indonesia mulai mengadopsi langkah beberapa Universitas ternama di U.S seperti UC Berkeley, Yale, Stanford dan  Harvard untuk membuat materi pembelajaran dari semua perkuliahan mereka dan di sediakan secara gratis untuk dapat di download melalui internet.
Hadirnya Situs-situs  belajar-mengajar (e-learning) merupakan tanda penerapan internet (teknologi informasi dan komunikasi) dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, saya coba menyajikan beberapa  situs-situs pembelajaran yang juga ikut dalam mengevolusi dunia pendidikan.

Khan Academy

Khan Academy
Khan Academy, Menyediakan koleksi video pembelajaran dengan berbagai subjek dan berbagai fitur yang sangat inovatif seperti adaptive assessment environment untuk melatih pemahaman, statistik yang merekam materi apa saja yang tengah dipelajari untuk membantu pengguna memahami apa saja yang telah mereka pelajari, badges dan poin pembelajaran sebagai gamification untuk membuat proses pembelajaran lebih menantang, dan lain-lain.

Lore

 

Lore, Pikirkan facebook, namun didesain untuk collaborative learning dengan membawa kelas tradisional menjadi online. Fitur stream membantu siswa dan instruktur untuk berbagi note, link, media, file, question dan blogpost seputar materi yang diajarkan di dalam kelas. Fitur submissions memungkinkan instruktur untuk mengumpulkan tugas-tugas siswa secara daring yang kemudian dapat dibukukan melalui fitur gradebook.

Coursera

 

Coursera, Koleksi perkuliahan dan materi dari universitas kelas dunia seperti Princenton, Stanford, University of Michigan dan University of Pennsylvania. Coursera dilengkapi dengan fitur online quiz dan ujian interaktif.

 

Satu hal yang juga ikut berubah, Perpustakaan juga mengalami perubahan dalam berinteraksi dengan penggunanya dari konsep perpustakaan pasif menjadi perpustakaan agresif. Sumber ilmu pengetahuan yang biasanya terbatas ada di perpustakaan sekarang menjadi tidak terbatas dengan adanya internet. Buku, Journal, laporan penelitian dan berbagai hal yang umumnya dulu sangat terbatas kini dapat dicari di berbagai perpustakaan yang mempunyai situs di internet. Perpustakaan bukan lagi berupa tempat simpan pimjam koleksi buku atau informasi, tetapi telah menjadi Pusat Informasi dan juga sebagai pangkalan data.
Jadi, Sekarang siapapun dengan kemauan belajar yang tinggi memiliki kesempatan untuk mengakses materi pembelajaran berkualitas yang di butuhkan.

Semoga Bermanfaat 🙂
Terima Kasih

****

Tulisan ini dipublikasikan di williputra.com, dan anda baru saja membaca RSS-nya yang di distribusikan via feedburner dan facebook notes.

5 Responses to “Bagaimana Internet Mengubah Dunia Pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *