Blog Kedokteran dan Manfaatnya

Blog Kedokteran
Salah satu media Internet yang kini makin populer adalah blog. Sekitar 120.000 blog baru bermunculan tiap hari atau 1,4 blog baru tiap de­tiknya. Dengan bertambahnya jumlah blog, maka bertambah juga jenis-jenis blog yang ada sesuai dengan para pembuatnya atau biasa yang di sebut Blogger.


Pada awalnya blog biasa digunakan oleh seorang blogger sebagai bentuk catatan (diary) online mereka, sehingga bebas dibaca oleh siapapun di internet. Bermula dari bentuk diary yang sederhana, kini blog mulai berkembang menjadi bentuk yang lebih kompleks baik dari segi isi (konten), tampilan, hingga kebergunaannya. untuk penjelasan blog secara keseluruhan anda  dapat menuju ke halaman Wikipedia yang membahas tentang blog.
 Pengertian Blog Kedokteran

Blog kedokteran (Medical blogosphere) merupakan blog yang menyatakan dikelola oleh dokter (umum, spesialis, gigi, hewan) atau mahasiswa kedokteran baik pribadi maupun komunitas warga negara Indonesia. Sebagian besar blog kedokteran memuat informasi kesehatan dan kedokteran. Dan sebutan untuk  penulis blog kedokteran dapat di sebut sebagai ‘med blogger’.

Mengacu pada pentingnya validasi informasi kesehatan di Internet dari The Health on the Net Foundation (HON), ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan saat membaca suatu blog kedokteran.

1.      Identitas Penulis 
Identitas penulis sangat di butuhkan agar pembaca dapat mengetahui dengan baik siapa yang menulis artikel yang sedang di baca. Dan biasanya anda dapat melihatnya di laman ‘kontak’ atau ‘About’.
2.      Referensi 
Dengan adanya referensi yang jelas pembaca dapat membedahkan bahwa tulisan tersebut merupakan pendapat pribadi, pengalaman praktik atau sebuah penelitian. Tulisan yang mengandung pernyataan ilmiah akan menyertakan kuotasi atau taut sumber sehingga pembaca dapat menelusuri lebih lan­jut. Hal ini sesuai dengan kaedah kedokteran berbasis bukti (evidence-based medicine).
3.      Istilah 
Bahasa yang di gunakan di blog kedokteran biasanya bukan bahasa formal, tetapi bahasa yang biasa digunakan oleh pasien dan masyarakat umum sehari-hari. Oleh karena itu istilah medis, kodifikasi penyakit atau International Classification of Diseases (ICD)  perlu di sertakan. 
4.      Memperbarui Tulisan 
Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran yang begitu pesat sehingga bisa saja suatu informasi menjadi ketinggalan jaman. Oleh karena itu blog kedokteran perlu di perbarui dan biasanya di cantumkan pada tulisan tersebut jika sudah di perbaharui.
Manfaat Blog Kedokteran 
n
Dengan adanya Blog kedokteran maka pasien dapat melakukan konsultasi via blog, dengan adanya hal ini membuat pasien tidak terlalu disibukkan dengan antrean di dokter praktik dan juga di rumah sakit. 
 
Bahasa yang di gunakan pada blog kedokteran biasanya menggunakan bahasa sehari-hari atau  yang di mengerti oleh masyarakat sehingga mempermudah dalam mencari informasi di internet baik mengenai kesehatan maupun penyakit yang akan dicari. 
 
Terbukanya jalur komunikasi pasien-dokter melalui blog ini berpeluang mengurangi kejadian medical error. Ini terkait dengan salah persepsi dan komunikasi dalam penanganan pasien yang sering memicu mal­praktik. 
 
Dan bagi dokter, media blog menyediakan sarana penyampaian informasi yang mungkin tidak sem­pat tersampaikan di ruang praktik. Sekaligus pembelajaran bagi dokter dan mahasiswa kedokteran  untuk mengelola sebuah media elektronis interaktif dan terangsang dan termotivasi un­tuk selalu memperbaharui diri.  

Bagaimana dengan anda ? Berikan komentar seputar blog kedokteran yang pernah anda kunjungi di bagian kolom komentar.

 Klik juga blog kedokteran saya di www.klikhealthy.com

Selamat bermalam minggu

Salam,
Referensi:
Eysenbach, G. & Kohler, C. How do consumers search for and ap­praise health information on the world wide web? Qualitative study using focus groups, usability, and in-depth interviews. BMJ. 2002; 324; 573-577.

Iswara, Dani dan  Anis Fuad. 2008.  Blog Kedokteran sebagai Media Komunikasi Pasien dan Dokter. Cermin Dunia Kedokteran. vol. 35 no. 1 Jan – Feb 2008
 

Sifry, D. The state of the live web, April 2007. [Internet]. Tersedia dalam: < http://technorati.com/weblog/2007/04/328.html > [Diakses 2 Desember 2007].

sumber Gambar: blog.ogilvypr
****

Tulisan ini dipublikasikan di williputra.com, dan anda baru saja membaca RSS-nya yang di distribusikan via feedburner dan facebook notes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *