Janganlah Khawatir Akan Hari Esok

Dalam menjalani hidup, terkadang kita mencemaskan hari esok yang belum tentu kita tahu. menurut saya itu adalah “wajar”. saya juga sering khawatir. Namun khawatir yang berlebihan itu yang tidak baik.
Kenapa Tidak Baik?
Sesuatu di dunia ini ketika dalam tahap normal itu baik adanya, namun ketika berlebihan dan juga kurang hal itu menjadi tidak baik. Saya ambil contoh: Air yang kita minum sehari-hari adalah merupakan kebutuhan vital bagi tubuh, ketika pasokan air bagi tubuh tidak cukup hal ini dapat mengakibatkan terganggunya sistem tubuh, begitu juga ketika kelebihan air hal ini juga dapat mengganggu. 

Sebagai seorang mahasiswa hal yang mengkhawatirkan salah satunya adalah Nilai ujian. Ketika mendekati ujian biasanya rasa khawatir akan nilai yang di dapat pasti ada. dan biasanya khawatir itu mulai muncul di setiap hari-hari menjelang ujian. Hal ini yang sangat tidak baik ketika kekhawatiran  itu terus-terus muncul dan mengganggu fokus kita di tiap hari.
Namun, beberapa hari yang lalu saya mendapat sms dari bapak Pdt. Suebu yang memang sangat pas dengan yang saya alami dan besar harapan agar teman-teman juga dapat mengetahuinya.
isi smsnya sebagai berikut:

Ambilah  3 langkah berikut

1. Buatlah daftar kekhawatiran. tuliskan apa saja yang anda khawatirkan.

2. Ubalah daftar kekhawatiran anda menjadi daftar doa.

3. Ubalah daftar doa anda menjadi daftar tindakan. lakukan yang anda bisa dan serahkan selebihnya Tuhan yang selesaikan bagi anda.
Sebenarnya semua itu kembali lagi kepada Sang Pencipta. Kita tidak dapat mengandalkan kekuatan dan kehebatan kita saja karena sumber semua kekuatan adalah dari DIA dan oleh dialah tempat kita berserah.
semua itu berlandas pada Firman Tuhan dalam Alkitab (Matius 6:34 “Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari esok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari”)
Selamat Berjuang. 🙂
****

Tulisan ini dipublikasikan di williputra.com, dan anda baru saja membaca RSS-nya yang di distribusikan via feedburner dan facebook notes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *